Wanita Layak Berbangga


Dari Abdullah bin Amr bin Ash RA. diceritakan bahwasanya Rasulullah SAW. bersabda, "Dunia adalah kesenangan, dan sebaik-baik kesenangan-nya adalah isteri yang shalihah" (HR. Muslim)
Penjelasan hadis:
Hadits yang jumlah katanya sangat sedikit ini telah memberikan posisi yang sangat agung kepada wanita yang shalihah. boleh jadi hal itu tidak bisa ditangkap oleh orang yang membacanya dengan tergesa-gesa.




   1.      Nabi mengangkat derajat wanita yang shalihah diatas semua diinginkan manusia di dunia, seperti kekayaan, popularitas, jabatan dan kekuasaan. Wanita lebih baik dari itu semua. ini jelas jelas penghormatan yang setinggi-tingginya kepada kaum wanita.

   2.      Hadits ini memberikan arahan kepada para pemuda yang ingin menikah, agar memilih wanita yang sholihah, bukan yang cantik, kaya, atau berdarah biru.

Sebagaimana dijelaskan didalam Hadits-Hadits lain beliau bersabda, "Diantara sumber kebahagiaan anak Adam ialah tiga hal: Isteri yang sholihah, tempat tinggal yang baik, dan kendaraan yang bagus. Dan sumber kesengsaraan anak Adam ialah isteri yang jahat, tempat tinggal yang buruk, dan dan kendaraan yang jelek" (HR. Ahmad dengan sanad shahih).

Beliau juga bersabda, "Pilihlah wanita yang memiliki agama, maka engkau akan beruntung" (HR. Muttafaq Alaih).

Dan beliau juga bersabda, "Tidaklah seorang mukmin mendapatkan manfaat yang lebih baik setelah taqwa kepada Allah SWT. dari pada [manfaat yang didapatkan dari] isteri yang shalihah" (HR. Ibnu Majah).

Pengarahan dari Nabi SAW. agar menikahi wanita yang shalihah adalah penghargaan kepadanya dan wasiat untuk kebaikannya.

3.     Isteri yang shalihah adalah sumber kebahagiaan yang sangat besar, sebab Nabi SAW. Tidak menyatakan didalam haditsnya, “Dan kesenangan yang paling menyenangkan ialah wanita shalihah, tetapi beliau menyatakan ‘dan sebaik baik kesenangan adalah isteri yang shalihah”.ini mengisyaratkan bahwa kesenangan ini bukan semata-mata memberikan kenikmatan, melainkan memberikan kebaikan yang sangat banyak. Seperti, kedamaian pemeliharaan, perhatian, dukungan untuk taat kepada Allah SWT. dan banyak lagi yang lainnya. 

4.     Hadits ini mengecualikan jutaan wanita cantik, kaya, dan berdarah biru dari nilai kebaikan ini bilamana mereka tidak shalihah. Artinya keshalihan adalah satu-satunya yang bisa memberikan kedudukan tinggi itu kepada wanita. Dus, kedudukan wanita yang shalihah tidak saja mengungguli apa saja yang ada di dunia, Jadi, wanita shalihah bisa lebih bangga dengan keshalihannya dari pada wanita-wanita lainnya yang bangga dengan kecantikan, kekayaan, atau status sosialnya. 

5.     Apa yang disebut diatas pada gilirannya, akan memberi wanita yang shalihah rasa percaya diri, kerelaan terhadap pemberian Allah, dan ketenangan batin. Karena dia dimuliakan di sisi Allah dan diwasiatkan oleh Nabi SAW.
Dan ini semua akan membentuknya kesehatan psikologis. Sehingga dia tidak merasa minder, lemah, kalah, maupun takut, kecuali kepada Allah SWT.



Sumber: Muhammad Rasyid Al-Uwayyid diterjemahkan oleh Najib Junaidi, LC. Aku Tersanjung Kumpulan Hadis-Hadis Pemberdayaan Wanita dari Kitab Shohih Bukhari dan Muslim Berikut Penjelasannya CV. Fitrah Mandiri Sejahtera Th 2007


Tidak ada komentar:

Posting Komentar