BIMWIN BAGI CALON PENGANTIN KUA PRAGAAN


Kantor Urusan Agama Kecamatan Pragaan Adakan BIMWIN Angkatan Ke X Tahun 2023


KUA Kecamatan Pragaan kembali selenggarakan kegiatan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Angkatan ke-X di tahun 2023 pada Rabu dan Kamis,(30-31/08/2023) yang berlangsung di Balai Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan Pragaan. Antusias Peserta atau Catin kehadirannya dalam kegiatan ini cukup menggembirakan yang diikuti sebanyak  15 pasang atau 30 peserta dari jumlah calon pengantin yang diundang 100 % dapat hadir, baik pada hari pertama maupun pada hari ke dua. Melalui kegiatan Binwin ini para calon pengantin dibimbing  serta difasilitasi untuk belajar bersama oleh para fasilitator Bimbingan Perkawinan yang sudah terstandar yaitu para Fasilitator yang telah tersertifikasi dan lulus mengikuti Bimtek yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Jawa Timur di Balai Diklat Surabaya maupun Kementerian Agama Pusat.

Pada hari pertama, Bapak  Rasidi, S.Pd.I M.Pd. Kepala KUA Kecamatan Pragaan mengawali sesi membuka acara dengan penyampaian selamat datang kepada peserta BIMWIN dengan sedikit memberikan arahan tentang Mempersiapkan Keluarga Sakinah. Dan menyampaikan bahwa Binwin ini sangat penting untuk bekal para pengantin untuk mewujudkan keluarga yang kokoh dan kuat. “Betapapun tingginya tingkat pendidikan dan dalamnya ilmu agama yang didapat, semua para calon pengantin tidak ada yang berpengalaman dalam kehidupan berkeluarga. Kalaupun toh ada peserta  yang pernah berkeluarga sebelumnya, bisa dipastikan adalah pengalaman yang baru dalam menggapai samudra kehidupan”, ungkapnya. 

Sesi pertama para peserta diajak mengenalan dan melakukan Pretes mempersiapkan Fondasi cita-cita keluarga sakinah dalam hal ini disampaikan oleh pemateri pertama Bapak Moh. Halili, S.Ag M.H, S.H.I dan dilanjutkan materi sesi kedua oleh Bapak Mohammad Sadik, S.Ag, MM. yang membawakan materi Mengelola Spikologi dan Dinamika Keluarga dengan mengajak para peserta untuk berdiskusi secara kelompok untuk memecahkan dinamika persoalan-persoalan keluarga dan belajar mengelola konflik termasuk keuangan keluarga rumit. Sedangkan Bapak Zainuri, S.HI  M.H. yang membawakan materi ketiga dengan tema mengeksplor lebih jauh problematika dinamika keluarga terutama tentang ekonomi keluarga dengan materi pokok Memenuhi Kebutuhan Keluarga. Selain itu Marqum mengenalkan cara  bagaimana mengelola keuangan keluarga dan literasi keuangan dalam rumah tangga.

Pelaksanaan hari kedua melibatkan para narasumber dari instansi lintas sektor yaitu Puskesmas Kec. Pragaan dan Penyuluh PLKB Kec. Pragaan. Fasilitator dari Puskesmas Kec. Pragaan Bapak dr. Susilo, menyampaikan materi Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi, sedangkan Penyuluh dari BKKBN Kec. Pragaan  Bapak Mujib, S.H. menjelaskan Bagaimana Menyiapkan Generasi Berkualitas.dan evaluasi refleksi dengan postes.

Selanjuytnya Kepala KUA Kec. Pragaan, Rasidi S.Pd.I M.Pd. menutup acara kegiatan Binwin angkatan IX dengan rasa syukur menyatakan banyak terimakasih yang setinggi tingginya kepada Tim Panitia penyelenggara kegiatan BIMWIN serta kepada para faselitator yang telah memberikan waktunya terhadap acara ini dan Kepala KUA Kec. Pragaanm berupaya bagi seluruh pendaftar calon pengantin di wilayah KUA Kec. Pragaan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti BINWIN ini. Diakhir acara ini kepala KUA Bapak Rasidi, S.Pd.I M.Pd.memberikan piagam penghargaan dan sesi foto bersama dengan para peserta Bdengan IMWIN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar